IronKey, USB Flash Disk Dengan Fitur Security

Peningkatan popularitas Media simpan USB Flash Disk memang sangat cepat. Hampir bisa dipastikan semua orang yang akrab dengan komputer pasti memiliki media simpan ini. Dengan makin banyaknya pemain di bisnis ini, mau tak mau produsen harus mencari cara untuk membuat produk mereka laku di pasaran. Beberapa menawarkan desain dan ketahanan terhadap 'medan berat' sementara tak jarang juga yang menawarkan fitur keamanan seperti IronKey Secure Flash Drive ini.



Dilihat dari bentuknya, flash disk ini memang sama sekali tidak istimewa. Flash disk yang bodinya terbuat dari logam ini memang mengusung desain yang biasa-biasa saja. Namun dengan finishing brushed metal, flash disk ini memang terlihat tangguh sekaligus elegan. Tak banyak hiasan kecuali logo IronKey pada bagian bawah dari tampilan depan flash disk ini.

Secara fisik, flash disk ini seharusnya juga cukup tangguh lantaran ada lapisan karet yang membatasi antara casing logam dan chip yang ada di dalamnya. Setidaknya, produsennya menyebut bahwa flash disk ini dirancang kedap air dan tahan banting meski sebenarnya bukan itu fitur andalan produk ini.


Yang jadi andalan dari flash disk ini adalah kemampuannya melindungi data yang ada di dalamnya. Secara default setiap data yang dimasukkan ke dalam flash disk ini akan mengalami proses enkripsi dan ini tak bisa dinonaktifkan. Menurut sang produsen, sistem enkripsi yang digunakan tidak menggunakan software namun menggunakan chip yang setara dengan standar enkripsi yang digunakan pihak militer. Bahkan jika Anda salah memasukkan password, maka secara otomatis semua data akan dimusnahkan.

Seperti kebanyakan produsen flash disk dengan fitur keamanan, IronKey ini juga memberikan layanan penyimpanan informasi penting seperti password secara online melalui Password Manager dan Secure Backup. Fitur lainnya adalah internet browser Firefox yang memungkinkan Anda browsing internet tanpa harus meninggalkan 'jejak' pada komputer yang Anda pakai. Sayangnya, bila menggunakan browser bawaan flash disk ini, akses internet jadi agak lambat.


Saat Anda pertama kali menggunakan flash disk ini, Anda akan dihadapkan pada menu yang meminta Anda memasukkan password yang Anda pilih. Selanjutnya flash disk ini akan membuat konfigurasi yang kurang lebih memakan waktu sekitar dua menit.

Secara keseluruhan, flash disk ini mungkin tak terlalu menarik bagi Anda yang tak terlalu mementingkan keamanan data. Namun bagi para pebisnis, bisa jadi flash disk adalah solusi penyimpanan data sementara yang cukup aman. Untuk semua fitur yang dimilikinya, Trusted Reviews memberikan nilai 8 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 51 Poundsterling atau sekitar Rp 900.000 ini

No comments:

Post a Comment