Hemat Tinta dan Kertas Setiap Mencetak

Ada satu trik cepat yang bisa memotong jumlah pemakaian printer Anda yaitu perkecil hasil cetakan Anda sehingga 2 halaman akan cukup dalam satu lembar kertas. Hal ini sangat mudah dilakukan, dan dapat menghemat biaya cetak Anda sampai 50%.


Pendekatan "2-in-1" ini cara kerjanya seperti ini: setiap halaman akan dikurangi ukurannya dan diputar 90 derajat, sehingga 2 halaman dapat cukup secara bersebelahan dalam satu lembar kertas. Bentuknya akan seperti booklet. Pada program seperti Microsoft Word dan Adobe Reader akan memberikan pilihan ini pada menu Print. Di program yang tidak menyediakan pilihan ini (seperti Firefox), Anda bisa berspekulasi pada menu Properties untuk jenis printer yang dipilih dan melihat pada pilihan page layout atau page scaling. 

Memang cara ini tidak selalu praktis, ada kasus ketika memang Anda membutuhkan mencetak dalam ukuran penuh dalam satu halaman penuh. Tetapi pada situasi seperti hanya untuk memeriksa susunan dokumen dan menyimpan cetakan bahan untuk dibaca sebagai referensi, halaman yang diperkecil ini bisa berguna dengan baik. 

Tetapi jelas, cara terbaik untuk menghemat kertas dan tinta adalah dengan tidak mencetaknya sama sekali. Kapan pun jika memungkinkan untuk mencetaknya ke bentuk file PDF, Anda dapat menyimpan file-nya atau mengirimkannya lewat email. Ada satu program CutePDF Writer (bisa di-download di http://www.pcworld.com/downloads/file/fid,25938-order,6-page,1/description.html), suatu printer driver gratis yang bisa mengubah semua dokumen Anda ke dalam bentuk PDF.

No comments:

Post a Comment