Internet Sehat Bikin Kamu Jadi Hebat

Selama ini, anak sekolahan hanya disuruh oleh gurunya mencari informasi saja di internet. Jarang sekali guru yang menyuruh peserta didiknya menciptakan informasi. Kenapa? Karena gurunya tak pandai dalam meciptakan informasi. Masih banyak guru yang mengunakan internet hanya sebatas mencari informasi saja. Akhirnya, guru kencing berdiri, murid kencing pun berlari. Guru dan murid sama-sama masih mencari informasi di internet.

Internet sehat mengajarkan kamu menjadi hebat. Kamu tidak hanya diminta untuk mencari informasi, tetapi juga membuat informasi. Banyak tutorial gratis di internet yang mengajarkan kamu bagaimana membuat sebuah blog. Ada yang berbentuk teks, ada pula yang berbentuk video. Tinggal kamu cari sendiri mana yang cocok buat kamu pelajari secara mandiri. Kamu cukup minta bantuan Google.com, dan juga Youtube.com.

Apa yang harus dipersiapkan dalam internet sehat?

Dalam internet sehat, sebenarnya kamu cuma diminta mempersiapkan diri untuk melakukan hal-hal positif di dunia maya. Contohnya, kamu membuat email untuk apa? Membuat blog untuk apa? Mempublikasikan foto untuk apa?, dan yang lebih jauh lagi untuk apa kamu aktif dalam dunia maya? Itulah hal yang banyak diperbincangkan para blogger dalam amprokan bloger 2010 di Bekasi.

Bila kamu menyadari bahwa internet sehat digunakan untuk berbagi dan saling terkoneksi antara dirimu dan orang lain, maka kamu akan menjadi orang yang bermanfaat untuk orang banyak. Loh kok bisa? Bisa saja, karena kamu selalu menulis pengalamanmu, dan berbagi pengetahuan yang kamu kuasai dan sukai. Lama kelamaan tulisanmu menjadi banyak, dan dibaca banyak orang. Disitulah akan terasa bahwa menulis di dunia maya bukanlah pekerjaan sia-sia. Kamu menjadi blogger yang terkenal, karena rajinnya kamu menulis di blog.

Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang blogger adalah membuat email. Buatlah email yang tetap dan jangan sering bergonta-ganti email. Sebab email yg terlalu banyak akan menyulitkan kamu membuka dan mengelolanya. Cukup satu atau dua saja, misalnya di email di yahoo.com atau di google.com. Bila kamu pengguna microsoft, punya email di hotmail bagus juga tuh. Sebab sangat memudahkan kamu dalam proses updating windows asli.

Email adalah bagian penting yang harus kamu kuasai dalam berselancar di dunia maya. Dari email inilah kamu bisa membuat blog, bergabung di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Dari email ini jugalah kamu bisa bergabung dalam berbagai milis. Berdiskusi dan saling memberi informasi.

Tanpa email, kamu tak bisa melakukan sharing and connetting. Kamu hanya menjadi pembaca pasif, dan tak bisa berinteraksi dengan pengguna internet lainnya. Jadilah kamu pembaca siluman yang tak dikenal. ih serem….!

Dari email inilah sebenarnya kesuksesanmu jadi orang hebat dimulai. Dari email yang kamu punya, kamu bisa membuat blog yang dapat digunakan untuk menuliskan ide atau gagasan brilian dari pemikiranmu sendiri. Kamu pun menjadi kreatif dalam menulis.

Biasakan menulis sendiri, dan tidak copas, sebab dengan begitu, kamu akan terbiasa menulis. Kreativitas menulismu akan lebih terasah bila kamu menulis sendiri dengan gaya tulisanmu sendiri. Seperti pisau yang tajam karena terus menerus diasah.

Bila kamu menulis sehari satu postingan, maka dalam sebulan kamu sudah mempunyai tulisan sebanyak 30 buah artikel. Wow banyak banget tuh! Apalagi bila kamu sering membagi tilisanmu ke dalam jejaring sosial facebook, dan twitter, pastilah akan banyak orang yang datang membaca tulisanmu itu.

Bila tulisanmu baik dan bermutu, dan kamu gaul pula di dunia maya, maka akan banyak orang yang akan balik lagi keblogmu itu. Mereka akan terus melahap tulisanmu, dan menjadi pembaca setia apa yang kamu tuliskan.

Namun sayangnya, tak banyak dari mereka yang berinternet suka menulis. Kebanyakan internet digunakan sebagai alat hiburan saja seperti bermain games, hanya merubah status facebook, bergosip ria di twitter, dan membuka situs porno atau hal-hal negatif lainnya.

Hal inilah yang membuat anak sekolahan tak mendapatkan manfaat dari internet sehat. Padahal internet sehat akan membuat dirimu hebat bila kamu mampu memanfaatkan internet untuk menciptakan informasi. Kamulah yang menjadi sumber informasi bagi para pengguna internet. Tanpa kamu sadari, kamu telah menjadi pusat sumber belajar (PSB) bagi mereka. Kamu telah menjadi guru buat yang lainnya.

12917153911516095800

Di era globalisasi saat ini, dimana informasi sangat dibutuhkan, maka diperlukan orang-orang yang mampu menuliskan informasi. Baik itu berupa berita atau informasi penting lainnya. Bila kamu memiliki hobi menulis, maka internet akan mengantarkanmu menjadi orang hebat seperti bapak mario teguh. Motivator hebat dari Indonesia.

Asalkan kamu disiplin dalam menulis, mampu konsisten, dan memiliki komitmen yang tinggi dalam menulis setiap hari, maka nantikan apa yang terjadi. Gak Percaya? Buktikan aja ya!.

Salam Blogger Persahabatan

1 comment: