Intel Xeon 7400, Untuk Server Yang Lebih Bertenaga


Beberapa hari lalu, Intel resmi merilis chip multiposesor yang masih keluarga dari Intel Xeon yaitu, Intel Xeon 7400. Meski masih bersandi Intel Nehlehem EX, Intel berbeda dengan Intel 5500. Terutama dalam segi kapasitas dan kecepatan.

Seperti yang disampaikan Boyd Davis General Manager Server Platforms Group Marketing Intel, saat melakukan video confrence, Selasa 26 Mei 2009 silam, Intel Xeon 7400 mampu 'berlari' dengan kecepatan memori bandwith hingga 9 kali dari seri pendahulunya.

Dengan kecepatan bandwith yang kencang tersebut, tentu saja chip yang khusus diperuntukan untuk server bertenaga ini ditunjang dengan kombinasi yang mampu memuat hingga 8 prosesor sekaligus. Ini belum ditambah, dengan kemampuan untuk meng-kompatibel-kan 16 slot soket sekaligus.

Sudah cukup? Belum. Banyak kelebihan lain, yang oleh Boyd merupakan teknologi terdepan yang belum ada sebelumnya. Salah satu contoh, Intel Xeon 7400 ini mendeteksi kesalahan pada sistem input dan output serta dapat langsung bekerjasama dengan sistem operasi yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Belum ada keterangan pasti mengenai harga chip ini. Namun seperti diberitakan sebelumnya, para analis memperkirakan Nehalem EX akan berkisar pada harga antara USD1,100 hingga USD2,700.

No comments:

Post a Comment