Membuka Folder Options


Virus-virus lokal selain suka mengunci aplikasi Regedit Windows anda, juga seringkali menyembunyikan menu Folder Options pada Windows Explorer (Tools -> Folder Options). Terus terang saya bingung kenapa menu Folder Options yang di sembunyikan. Dan saya langsung tersadar bahwa di dalam Folder Options kita dapat mengkonfigurasi untuk membuat Windows Explorer ‘menyembunyikan file-file yang beratribut Hidden. Kenapa? Karena file-file virus yang biasa nya adalah autorun.inf, .vbs file, .exe file di sembunyikan dari pandangan kita ‘hanya’ dengan memberikan attribut Hidden pada file-file virus tersebut.

Jadi dengan memperhatikan 2 ciri tersebut sudah dipastikan 99% komputer anda ada virus yang bercokol di dalam-nya (kecuali kalo komputer anda di set begitu ama Administrator ato EDP perusahaan anda lho).






Folder Options hilang!

Untuk menyembunyikan menu Folder Options sangatlah mudah, pasang saja value NoFolderOptions dengan DWORD value dan di beri data value 1 di registry key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Nah, untuk memunculkan kembali secara logika kita cukup menghapus value NoFolderOptions saja di registry key yang sudah saya sebutkan diatas. Caranya, kita akan menggunakan perintah reg lagi. Kita bisa menuliskannya langsung di Run menu atau di DOS Console (dengan menuliskan perintah cmd di Run menu).

Ketikan perintah ini: REG DELETE HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer /v NoFolderOptions lalu tekan Enter.










Ketik perintah lewat Run menu

Dan jawab Y ketika di konfirmasi.

Ketik perintah melalui DOS console.




Restart komputer dan menu Folder Options akan muncul kembali.

No comments:

Post a Comment